Friday, January 06, 2017

Rekayasa Piranti Lunak - 8 Faktor/Dimensi Kualitas Menurut Garvin

1. Performance: berkaitan dengan karakteristik utama suatu produk, contohnya jam dinding, kinerja utama yang kita inginkan adalah dapat menunjukkan waktu saat ini, sehingga letak angka pada jam harus mudah dimengerti serta jarum jam harus jelas menunjuk ke angka berapa.

Contoh kasus: LINE, kinerja utama yang diinginkan adalah chatting.

2. Features: merupakan karakteristik pelengkap atau pendukung suatu produk.

Contoh kasus: LINE, fitur pendukung yang diharapkan konsumen adalah timeline untuk berbagi status dan sharing.

3. Reliability (kehandalan): berkaitan dengan kemungkinan suatu produk dapat bekerja secara memuaskan pada suatu waktu tertentu.

Contoh kasus: LINE WEBTOON, kalau tdk terkoneksi internet masih dapat membaca webtoon yang sudah didownload sebelumnya.

4. Conformance (kesesuaian): kesesuaian produk dan kinerja standar yang diinginkan. Tiap" produk pada dasarnya punya standar masing-masing.

Contoh kasus: USB, port sesuai standar serta semua USB harus mampu menyimpan data.

5. Durability (ketahanan): ketahanan suatu produk sampai harus diganti. Durability biasa diukur dengan umur / waktu daya tahan suatu produk.

Contoh kasus: USB, tahan dipakai sampai berapa lama?

6. Servicability: ketersediaan layanan perbaikan jika dibutuhkan. Contoh beberapa produk menyediakan service center masing-masing. (mis. Samsung, Apple)

Contoh kasus: service hp lebih mudah dijumpai daripada service TV

7. Aesthetics (keindahan): berkaitan dengan tampilan, rasa, bau, bunyi suatu produk. Contohnya beli headset perhatiin penampilan dan bunyi yang dihasilkan.

8. Perceived Quality (Kesan Kualitas): kesan kualitas produk yang dirasakan oleh konsumen. Contohnya jam tangan Rolex yang memiliki kesan berkualitas.

reference: http://ilmumanajemenindustri.com/delapan-dimensi-kualitas-produk/
contoh kasus berasal dari saya sendiri, jadi mohon maaf kalau ada yg keliru ^^"






0 comments: