Contoh kasus: LINE, kinerja utama yang diinginkan adalah chatting.
2. Features: merupakan karakteristik pelengkap atau pendukung suatu produk.
Contoh kasus: LINE, fitur pendukung yang diharapkan konsumen adalah timeline untuk berbagi status dan sharing.
3. Reliability (kehandalan): berkaitan dengan kemungkinan suatu produk dapat bekerja secara memuaskan pada suatu waktu tertentu.
Contoh kasus: LINE WEBTOON, kalau tdk terkoneksi internet masih dapat membaca webtoon yang sudah didownload sebelumnya.
4. Conformance (kesesuaian): kesesuaian produk dan kinerja standar yang diinginkan. Tiap" produk pada dasarnya punya standar masing-masing.
Contoh kasus: USB, port sesuai standar serta semua USB harus mampu menyimpan data.
5. Durability (ketahanan): ketahanan suatu produk sampai harus diganti. Durability biasa diukur dengan umur / waktu daya tahan suatu produk.
Contoh kasus: USB, tahan dipakai sampai berapa lama?
6. Servicability: ketersediaan layanan perbaikan jika dibutuhkan. Contoh beberapa produk menyediakan service center masing-masing. (mis. Samsung, Apple)
Contoh kasus: service hp lebih mudah dijumpai daripada service TV
7. Aesthetics (keindahan): berkaitan dengan tampilan, rasa, bau, bunyi suatu produk. Contohnya beli headset perhatiin penampilan dan bunyi yang dihasilkan.
8. Perceived Quality (Kesan Kualitas): kesan kualitas produk yang dirasakan oleh konsumen. Contohnya jam tangan Rolex yang memiliki kesan berkualitas.
reference: http://ilmumanajemenindustri.com/delapan-dimensi-kualitas-produk/
contoh kasus berasal dari saya sendiri, jadi mohon maaf kalau ada yg keliru ^^"
0 comments:
Post a Comment