1. Kepuasan fungsional: kepuasan yang diperoleh dari pemakaian/fungsi suatu produk. contohnya karena makan jadi kenyang
2. Kepuasan psikologikal: kepuasan yang diperoleh dari atribut tak berwujud, contohnya kemewahan, pelayanan yang baik
Menurut Philip Kotler ada 4 metode untuk mengetahui kepuasan:
1. Sistem keluhan dan saran -> untuk mengumpulkan informasi langsung dari konsumen.
2. Survei kepuasan konsumen -> menunjukkan komunikasi 2 arah kepada konsumen dan menunjukkan perhatiannya pada konsumen.
3. Ghost Shopping: mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing dan membandingkannya dengan perusahaan itu sendiri.
4. Analisis kehilangan konsumen -> tingkat kehilangan konsumen dapat menunjukkan kegagalan perusahaan dalam memuaskan konsumennya.
Populasi dan sampel
- Populasi adalah wilayah generalisasi, yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2006: 117).
- Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiyono, 2006: 118).
- 2 jenis pengambilan sampel: random sampling & nonrandom sampling
- Dikaitkan dengan besarnya sampel, selain tingkat kesalahan, ada lagi beberapa faktor lain yang perlu memperoleh pertimbangan yaitu:
(1) derajat keseragaman
(2) rencana analisis
(3) biaya
(4) waktu dan tenaga yang tersedia .
(Singarimbun dan Effendy, 1989).
- jika ukuran populasinya di atas 1000, sampel sekitar 10 % sudah cukup, tetapi jika ukuran populasinya sekitar 100, sampelnya paling sedikit 30%, dan kalau ukuran populasinya 30, maka sampelnya harus 100%.
- Krejcie dan Morgan (1970) dalam Uma Sekaran (1992) membuat daftar yang bisa dipakai untuk menentukan jumlah sampel:
(iya gw tau banyak, gausah dihafal juga ya :v)
Populasi (N)
|
Sampel (n)
|
Populasi (N)
|
Sampel (n)
|
Populasi (N)
|
Sampel (n)
|
10
|
10
|
220
|
140
|
1200
|
291
|
15
|
14
|
230
|
144
|
1300
|
297
|
20
|
19
|
240
|
148
|
1400
|
302
|
25
|
24
|
250
|
152
|
1500
|
306
|
30
|
28
|
260
|
155
|
1600
|
310
|
35
|
32
|
270
|
159
|
1700
|
313
|
40
|
36
|
280
|
162
|
1800
|
317
|
45
|
40
|
290
|
165
|
1900
|
320
|
50
|
44
|
300
|
169
|
2000
|
322
|
55
|
48
|
320
|
175
|
2200
|
327
|
60
|
52
|
340
|
181
|
2400
|
331
|
65
|
56
|
360
|
186
|
2600
|
335
|
70
|
59
|
380
|
191
|
2800
|
338
|
75
|
63
|
400
|
196
|
3000
|
341
|
80
|
66
|
420
|
201
|
3500
|
346
|
85
|
70
|
440
|
205
|
4000
|
351
|
90
|
73
|
460
|
210
|
4500
|
354
|
95
|
76
|
480
|
214
|
5000
|
357
|
100
|
80
|
500
|
217
|
6000
|
361
|
110
|
86
|
550
|
226
|
7000
|
364
|
120
|
92
|
600
|
234
|
8000
|
367
|
130
|
97
|
650
|
242
|
9000
|
368
|
140
|
103
|
700
|
248
|
10000
|
370
|
150
|
108
|
750
|
254
|
15000
|
375
|
160
|
113
|
800
|
260
|
20000
|
377
|
170
|
118
|
850
|
265
|
30000
|
379
|
180
|
123
|
900
|
269
|
40000
|
380
|
190
|
127
|
950
|
274
|
50000
|
381
|
200
|
132
|
1000
|
278
|
75000
|
382
|
210
|
136
|
1100
|
285
|
1000000
|
384
|
- untuk menghitung besar sampel minimal sebuah penelitian, rumus yang paling sering dipergunakan oleh para peneliti adalah:
a. Rumus Sampel Penelitian Cross-sectional
---> bisa dipelajari di: http://dienanalis.blogspot.co.id/2015/09/menghitung-besar-sampel-penelitian-uji.html
b. Rumus Sampel Penelitian Case Control dan Kohort
---> bisa dipelajari di: http://ranumra.blogspot.co.id/2013/04/rumus-case-control-penelitian-kasus.html
c. Penelitian Eksperimental
---> dalam penelitian eksperimental dilakukan manipulasi paling sedikit 1 variabel, mengontrol variabel lain yang relevan dan mengobservasi efek dan pengaruhnya terhadap satu atau lebih variabel terikat. sumber: eurekapendidikan.com
Dimensi kepuasan (udh ada bahasan menurut Garvin di post sebelumnya)
-> menurut Irawan:
1. berwujud (tangible),
2. kehandalan (reliability),
3. cepat tanggap (responsiveness),
4. kepastian (assurance)
5. empati (emphaty)
DeLone & McLean menyampaikan enam faktor yang menjadi dasar pengukuran keberhasilan sistem informasi:
1. kualitas informasi
2. kualitas sistem informasi
3. intensitas penggunaan sistem informasi (system use)
4. kepuasan pengguna akhir sistem informasi (end user satisfaction)
5. dampak individual (individual impact) dr sistem informasi
6. dampak organisasional (organizational impact) dr sistem informasi
Doll & Torkzadeh (1988) - 5 komponen user satisfaction:
1. Content
2. Accuracy
3. Format
4. Ease of use
5. Timeliness
lengkapnya bisa dilihat d tabel ini (sumber: slide)
MENGHITUNG NILAI AKHIR - SKALA LIKERT
A. PERTANYAAN POSITIF (+)
Skor 1. Sangat (tidak setuju/buruk/kurang sekali)
Skor 2. Tidak (setuju/baik/) atau kurang
Skor 3. Netral / Cukup
Skor 4. (Setuju/Baik/suka)
Skor 5. Sangat (setuju/Baik/Suka)
B. PERTANYAAN NEGATIF (-)
Skor 1. Sangat (setuju/Baik/Suka)
Skor 2. (Setuju/Baik/suka)
Skor 3. Netral / Cukup
Skor 4. Tidak (setuju/baik/) atau kurang
Skor 5. Sangat (tidak setuju/buruk/kurang sekali)
CRONBACH - ALFA
= untuk menghitung survei
---> bisa didownload & dipelajari di: https://www.dropbox.com/s/8xg3dwqifz3urox/cronbachalpha%28manual%29.pdf?dl=0
0 comments:
Post a Comment