Friday, January 06, 2017

Rekayasa Perangkat Lunak - Mengukur Kepuasan Konsumen

Ada 2 jenis kepuasan:
1. Kepuasan fungsional: kepuasan yang diperoleh dari pemakaian/fungsi suatu produk. contohnya karena makan jadi kenyang
2. Kepuasan psikologikal: kepuasan yang diperoleh dari atribut tak berwujud, contohnya kemewahan, pelayanan yang baik

Menurut Philip Kotler ada 4 metode untuk mengetahui kepuasan:
1. Sistem keluhan dan saran -> untuk mengumpulkan informasi langsung dari konsumen.
2. Survei kepuasan konsumen -> menunjukkan komunikasi 2 arah kepada konsumen dan menunjukkan perhatiannya pada konsumen.
3. Ghost Shopping: mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing dan membandingkannya dengan perusahaan itu sendiri.
4. Analisis kehilangan konsumen -> tingkat kehilangan konsumen dapat menunjukkan kegagalan perusahaan dalam memuaskan konsumennya.

Populasi dan sampel
- Populasi adalah wilayah generalisasi, yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2006: 117).

- Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiyono, 2006: 118).

- 2 jenis pengambilan sampel: random sampling & nonrandom sampling

- Dikaitkan dengan besarnya sampel, selain tingkat kesalahan, ada lagi beberapa faktor lain yang perlu memperoleh pertimbangan yaitu:
(1) derajat keseragaman
(2) rencana analisis
(3) biaya
(4) waktu dan tenaga yang tersedia .
(Singarimbun dan Effendy, 1989).

- jika ukuran populasinya di atas 1000, sampel sekitar 10 % sudah cukup, tetapi jika ukuran populasinya sekitar 100, sampelnya paling sedikit 30%, dan kalau ukuran populasinya 30, maka sampelnya harus 100%.

- Krejcie dan Morgan (1970) dalam Uma Sekaran (1992) membuat daftar yang bisa dipakai untuk menentukan jumlah sampel:
(iya gw tau banyak, gausah dihafal juga ya :v)

Populasi (N)
Sampel (n)
Populasi (N)
Sampel (n)
Populasi (N)
Sampel (n)
10
10
220
140
1200
291
15
14
230
144
1300
297
20
19
240
148
1400
302
25
24
250
152
1500
306
30
28
260
155
1600
310
35
32
270
159
1700
313
40
36
280
162
1800
317
45
40
290
165
1900
320
50
44
300
169
2000
322
55
48
320
175
2200
327
60
52
340
181
2400
331
65
56
360
186
2600
335
70
59
380
191
2800
338
75
63
400
196
3000
341
80
66
420
201
3500
346
85
70
440
205
4000
351
90
73
460
210
4500
354
95
76
480
214
5000
357
100
80
500
217
6000
361
110
86
550
226
7000
364
120
92
600
234
8000
367
130
97
650
242
9000
368
140
103
700
248
10000
370
150
108
750
254
15000
375
160
113
800
260
20000
377
170
118
850
265
30000
379
180
123
900
269
40000
380
190
127
950
274
50000
381
200
132
1000
278
75000
382
210
136
1100
285
1000000
384

- untuk menghitung besar sampel minimal sebuah penelitian, rumus yang paling sering dipergunakan oleh para peneliti adalah:
a. Rumus Sampel Penelitian Cross-sectional
    ---> bisa dipelajari di: http://dienanalis.blogspot.co.id/2015/09/menghitung-besar-sampel-penelitian-uji.html

b. Rumus Sampel Penelitian Case Control dan Kohort
    ---> bisa dipelajari di: http://ranumra.blogspot.co.id/2013/04/rumus-case-control-penelitian-kasus.html

c. Penelitian Eksperimental
    ---> dalam penelitian eksperimental dilakukan manipulasi paling sedikit 1 variabel, mengontrol variabel lain yang relevan dan mengobservasi efek dan pengaruhnya terhadap satu atau lebih variabel terikat. sumber: eurekapendidikan.com 

Dimensi kepuasan (udh ada bahasan menurut Garvin di post sebelumnya)
-> menurut Irawan: 
    1. berwujud (tangible), 
    2. kehandalan (reliability), 
    3. cepat tanggap (responsiveness), 
    4. kepastian (assurance)
    5. empati (emphaty)

DeLone & McLean menyampaikan enam faktor yang menjadi dasar pengukuran keberhasilan sistem informasi:
1. kualitas informasi
2. kualitas sistem informasi
3. intensitas penggunaan sistem informasi (system use)
4. kepuasan pengguna akhir sistem informasi (end user satisfaction)
5. dampak individual (individual impact) dr sistem informasi
6. dampak organisasional (organizational impact) dr sistem informasi

Doll & Torkzadeh (1988) - 5 komponen user satisfaction:
1. Content
2. Accuracy
3. Format
4. Ease of use
5. Timeliness

lengkapnya bisa dilihat d tabel ini (sumber: slide)



MENGHITUNG NILAI AKHIR - SKALA LIKERT
A. PERTANYAAN POSITIF (+)
Skor 1. Sangat (tidak setuju/buruk/kurang sekali)
Skor 2. Tidak (setuju/baik/) atau kurang
Skor 3. Netral / Cukup
Skor 4. (Setuju/Baik/suka)
Skor 5. Sangat (setuju/Baik/Suka)

B. PERTANYAAN NEGATIF (-)
Skor 1. Sangat (setuju/Baik/Suka)
Skor 2. (Setuju/Baik/suka)
Skor 3. Netral / Cukup
Skor 4. Tidak (setuju/baik/) atau kurang
Skor 5. Sangat (tidak setuju/buruk/kurang sekali)


CRONBACH - ALFA
= untuk menghitung survei
---> bisa didownload & dipelajari di: https://www.dropbox.com/s/8xg3dwqifz3urox/cronbachalpha%28manual%29.pdf?dl=0











0 comments: