7. Table yang disimpan Switching dan Routing
-> switching
Mac address table, isinya: nmr port, mac address
-> routing
routing table (isinya: nmr port, range IP address), ARP table (isinya: IP, mac)
-> router hny mampu melakukan routing kalo destinasi IP nya ada di routing table. switch bila gatau destinasi mac address tetep melakukan switching
8. TCP
-> didlm TCP ada sequence number: nomor paket yg dikirim, default 1 utk packet pertama yg dikirim. Sequence number selanjutnya: sequence number sebelum + ukuran packet (byte)
-> dlm transmission packet, ada bbrp istilah:
1) window size: brp banyak packet bisa dikirim dlm satu sesi, biasanya bertambah sebanyak kelipatan 2 sampai mencapai threshold
2) threshold: batasan jmlh increment maksimal yg bisa dikirim dlm 1 sesi
cth: threshold 16, artinya increment kelipatan 2 (slow start transmission) cm bs sampe 16, abis itu penambahan 1
3) re-transmission: pengiriman ulang packet yg drop
ada 2 konsep:
1. Tahoe: kalo ada packet yg dikirim dan ga diterima ack nya, bakal ditunggu sampe time out (bts waktu tunggu utk terima smua ack). kl sampe time out selesai blm diterima, maka packet dikirim ulang (retransmission)
2. Rene: juga ada time out, tapi retransmission dikirim, tp kl ada 1 packet drop, penerima bkl ngirim ack yg sama. kalo sender terima 3 duplicate ack, dia asumsi packet blm diterima, dan melakukan retransmission. windows size dibagi 2 stiap ada packet drop.
9. Jumlah Socket yang diperlukan untuk menampung services
UDP -> services ditampung di 1 socket yg sama (jml = 1)
TCP -> ada welcoming socket buat terima TCP syn, dan ngirim TCP ack, lalu setelah itu dibuka socket baru sebanyak jumlah PC yg terkoneksi ( jml = n+1)
10. Delay
-> Process delay: durasi yg diperlukan untuk sbh process sampai pada antrian (queue)
-> Queueing Delay: lamanya sbh packet brada pd antrian pd saat ingin kluar dr interface. cuma queueing delay yg bs diatur delaynya, caranya pake QoS (quality of service)
-> Transmission Delay: wkt yg diperlukan sbh full size packet kedalam sebuah link sampe nyampe kedalam link
-> Propagation Delay: wkt yg diperlukan sbh packet utk perjalan di sbh medium (trgntg pjg kabel)
11. Packet and Cirrcuit Switching
1) Circuit Analog Telephony
-> reserve bandwith yg fix
-> jumlah bandwith yg di reserve bisa diganti/ngga (tergantung perangkatnya). default: pembagian brdsrkan total_bandwith / jmlh_slot
2) Packet IP Telephony
-> gaada reserve bandwith, stiap packet yg nyampe duluan di queue dikirim duluan sehingga gatau bandwith utk masing" slot brapa.
12. HTTP
1) Persistent: request bbrp object dlm 1 sesi yg sama, kalo udah dpt semuanya sesi selesai.
Establish TCP
(1) //minta dan terima objek 1
(2) //minta dan terima objek 2
//terus sampe semua objek yang diminta udah keterima
TCP Fin
2) Non Persistent: dibuka n sesi untuk terima n objek berbeda.
Establish TCP
(1) // . . .
TCP Fin
Establish TCP
(2) //minta dan terima objek 2
TCP Fin
Establish TCP
(n) //minta dan terima objek ke n
TCP Fin
13. Arsitektur Aplikai Jaringan
-> Peer-peer
tidak ada sebutan client,semua disebut peer
data tersimpan dan menyebar di peer masing"
cth: torrent
-> Client-Server
semua data ada di server
antar client ga bs sharing data
cth: FTP
14. TCP SEQUENCE, LEN, ACK
Seq = nomor byte yang dikirim
Ack = nomor byte yg diminta
Len = size data (byte)
len = 0 artinya dia udah ga ngirim apa" lagi
15. Go Back N dan Selective Repeat
-> Go Back N
ada sliding window, tiap nerima ack sliding window turun 1 kebawah
kl ada 1 packet yg ga kekirim (ga diterima ack nya), dia kirim ulang smua packet yg ada didalam sliding window nya. (walopun yg lain udh ack)
-> Selective Repeat
ada sliding window sm kyk GBN.
kl ada packet yg ga kekirim, dia nunggu terima ack selama time out. kalo ga terima jg, dia cuma kirim packet yg drop aja. lalu dia langsung slide ke selanjutnya (ga turun 1-1) ke packet yang belum ada ack nya.
Sekian bahan JarKom dari saya. Selamat mempelajari :))
3 comments:
no 8 mungkin maksudnya RENO bukan RENE, cmiiw
Hai febrian <3
oh iya Reno, thx perbaikannya :3
Post a Comment