Saturday, April 09, 2016

Jaringan Komputer (1)

JarKom(1)

Jaringan yang biasa dipake:
-> Cisco --> utk enterprise
-> Juniper --> untuk service provider (telkom, dll)
-> Mikrotik --> lebih murah

Yang dipelajari:
-> Perangkat -> router, switch, multilayer switch
-> Protocol -> ICMP, HTTP, FTP, DNS, TFTP, Telnet, SSH

1. Perbedaan Routing dan Switching
    Routing: yg diliat destinasi IP Address
    Switching: yg diliat destinasi Mac address

  *) IP dan Mac Address? -> smua komputer punya
      IP -> hrs disetting manual ke komp, penulisan pake desimal
      Mac -> burn-in address (ud ada didlm komp), penulisan pake hexa

     IP dibagi menjadi kelas": A, B, C, D, E
     A = 0.0.0.0 - 126.255.255.255 (127 dipake buat localhost)
     B = 128.0.0.0 - 191.255.255.255
     C = 192.0.0.0 - 223.255.255.255

     D = 224.0.0.0 - 239.255.255.255 --> dipake utk multicast
     E = 240.0.0.0 - 255.255.255.255 --> dipake utk research and development

     **Cth protokol multicast: RIP, EIGRP, OSPF, dll

     Cara menentukan 2 komputer 1 network/ngga
     misal:
     komp A = 10.10.10.1/29
     komp B = 10.10.10.6/29

     liat jmlh bit network addressnya (29)
_ _ _ _ _ _ _ _ . _ _ _ _ _ _ _ _ . _ _ _ _ _ _ _ _ . _ _ _ _ _ | _ _ _


     network addressnya sama. sehingga, kedua komputer tersebut masih 1 network
     0000 1010 . 0000 1010 . 0000 1010 . 0000 0 | 001
     0000 1010 . 0000 1010 . 0000 1010 . 0000 0 | 110

     1 network = pake switch
     beda network = pake router

     cth: ingin membuat 2 komputer saling ping"an

      A          |________________|        B
10.10.10.1  |                                | 10.10.10.2

     Kabel yg digunakan ada 2 jenis:
     -> UTP = indoor
     -> STP = outdoor

     dari kedua kabel tersebut ada 2 jenis yang umum digunakan:
     -> Cross ( ------ ) mengkoneksikan device 1 jenis
     -> Straight ( _______ ) mengkoneksikan device beda jenia (MDI dgn MDIX)

     **MDI? MDIX?
     => MDI (Media Dependent Interface) = RJ45 L3 (IP) , cth: PC, server, router
     => MDIX (Media Dependent Interface Cross) = RJ45 L2 (non-IP) , cth: switch

2. IP terkecil dan IP terbesar dlm sebuah host network tdk dpt digunakan
    Cth: A = 10.10.10.1/30
    10.10.10.0 -> Network address
    10.10.10.1 (host)
    10.10.10.2 (host)
    10.10.10.3 -> Broadcast Address

3. ICMP dan ARP
    Ping: ngirim protokol ICMP (Internet Control Message Protocol) request dan header IP address.
    -> Header IP = terdapat source IP pengirim dan destinasi IP penerima, tidak ada info subnet mask ( /24 )
    -> Header mac = trdapat info source dan destination mac
        harusnya source gatau mac address destination
        cara taunya dgn hold dulu ICMP request, ngirim ARP request utk tau mac address, setelah dapat ARP Reply dicatat ke ARP table, baru melanjutkan pengiriman ICMP request
        **Isi ARP request:
            -> informasi sender: Sender IP dan Sender mac
            -> target IP dan target mac (diisi 0000.0000.0000)
            -> ada informasi tambahan: header mac address, isinya source mac dan destination mac (diisi FFFF.FFFF.FFFF untuk broadcast)
        **ARP hanya untuk tau mac address destination, ga berhubungan dgn ICMP
    ARP attack! cth: ARP poisoning
    misalnya ada 3 komputer terkoneksi
    A ____(switch)____B
                      |
                     C
    IP A = 10.1 , mac AAAA
    IP B = 10.2 , mac BBBB
    IP C = 10.3 , mac CCCC

   Komputer A berkomunikasi dengan B.
   Tapi komputer C ngasitau ke A kalo Mac address nya B itu CCCC
   Komputer C jg ngasitau ke B kalo Mac address nya A itu CCCC
   Akibatnya, setiap traffic A ke B yang dikirim sama switch ke C dulu (C bisa intip trafficnya)

4. Cara Kerja Router
    cth:
  A   |___(dg1)(router)(dg2)___|   C
10.1 |                                         |  30.1

    dg1 (bukan dg90 lol) = Default Gateway antara A dgn router
    -> IP dg1 = 10.10.10.254
    -> mac dg1 = BBBB
    dg2 = Default Gateway antara router dgn B
    -> IP dg2 = 30.30.30.254
    -> mac dg2 = DDDD
    **Router punya network address table/routing table buat tau dikirim kemana

    1) ICMP Request ( A ke Router )
        IP Source: 10.10.10.1
        IP Dest: 30.30.30.1
        Mac Source: AAAA
        Mac Dest: BBBB (mac nya router)


    2) ICMP Request ( Router ke C )
        IP Source: 10.10.10.1
        IP Dest: 30.30.30.1
        Mac Source: DDDD
        Mac Dest: CCCC


    3) ICMP Reply ( C ke Router )
        IP Source: 30.30.30.1
        IP Dest: 10.10.10.1
        Mac Source: CCCC
        Mac Dest: DDDD (mac nya router (dg2))


   4) ICMP Reply ( Router ke A )
        IP Source: 30.30.30.1
        IP Dest: 10.10.10.1
        Mac Source: BBBB
        Mac Dest: AAAA

5. Network Achitecture: utk memilah protokol mjd bagian" yg lbh kcl
    -> OSI Layer: memilah protokol menjadi 7 bagian
    -> Internet Layer: memilah protokol menjadi 5 bagian
OSI
7. Application
6. Presentation
5. Session
4. Transport
3. Network
2. Data Link
1. Physical

Inet
5. Appplication: HTTP,                          DNS
4. Transport:        TCP,              ICMP,   UDP
3. Network:           IP,     ARP,     IP,         IP
2. Data Link:     MAC,  MAC,  MAC,   MAC
1. Physical

    **Header TCP dan UDP
        Fungsi: untuk menjelaskan bagaimana sebuah paket service atasnya dpt dikirim (algoritma cara pengiriman)
        Kalo gapunya header TCP/UDP, algo pengiriman biasa udh terbundle didlmnya
        Perbedaan:
        => UDP
              kalo udh tau mac addressnya langsung kirim FTP ke PC lain. biasanya dipake untuk protokol" delay kecil dan real time
        => TCP
              kalo udh tau mac addressnya dia ga langsung kirim, tapi kirim dulu protokol TCP SYN, dibales dgn TCP ACK (utk ngecek koneksinya aktif/ngga). FTP baru dikirim kl TCP SYN dan ACK berhasil. Setiap terima FTP, PC yang terima bakal kasih TCP ACK. kalo kirim FTP tp ga terima TCP ACK dlm bbrp waktu, FTP bkl dikirim ulang. lebih reliable daripada UDP

6. Hub, Bridge dan Switch
    HUB --diupgrade--> BRIDGE --(+vlan, +trunking)--> SWITCH
    1) Cara Kerja HUB
         cth A kirim PING ke B

                    D
                   ----
                    |
A |_____(HUB)_____| C
                    |
                  ----
                   B

A = 10.1 , AAAA
B = 10.2 , BBBB
C = 10.3 , CCCC
D = 10.4 , DDDD

1) ARP Request
    IP Source: 10.2
    Mac Source: AAAA
    Mac Dest: FFFF

2) HUB selalu broadcast info yg diterima. semuanya dpt protokol" yang dikirimkan, dan direcord masing". tapi yg bales hanya IP tujuannya aja.

3) ARP Reply
    Mac Source: BBBB
    Mac Dest: AAAA

4) HUB broadcast, yg bales cuma A

5) ICMP request
    IP Source: 10.1
    IP Dest: 10.2
    Mac Source: AAAA
    Mac Dest: BBBB

6) sampe ke HUB, di broadcast lg ke semua

7) ICMP reply
    IP Source: 10.2
    IP Dest: 10.1
    Mac Source: BBBB
    Mac Dest: AAAA

8) ICMP reply sampe HUB, di broadcast lg

Kekurangan:
- Bandwith: bottleneck, bandwith yg lain kemakan
- Security: komunikasi tdk private
- unmanaged: ga bs di setting

       2) Cara kerja bridge/switch (cth A ping B)

                    D
                   ----
                    |
A |_____( B/S )_____| C
                    |
                  ----
                   B

A = 10.1 , AAAA
B = 10.2 , BBBB
C = 10.3 , CCCC
D = 10.4 , DDDD

1) saat ngirim sesuatu (cth: ARP Request), Bridge/switch akan membuat record di mac address table (source nya saja).
didlm mac address table ada port/interface dan mac address beserta aging time nya. Aging time: masa berlaku data trsebut didalam tabel. Aging time akan ke refresh kalo ada data yang sama yg masuk kedalam tabel.

2) Forward: karena mac address destinasi FFFF, maka ARP request akan di broadcast ke semua
broadcast ke semua disebut juga unicast flooding

3) ARP reply: cuma dikasih ke komputer yang mac addressnya ada di ARP Request

4) ICMP request dr A ke B

5) ICMP reply dari B (destination).

lanjutan akan di post selanjutnya :)

1 comments:

Anonymous said...

ntafffff anas tengkyu