1. E-Business VS E-Commerce
-> E-business =
1. perusahaan yang mengadakan operasional atau bisnis sehari-hari menggunakan internet.
2. pertukaran informasi menggunakan media elektronik didalam perusahaan dan pemegang saham eksternal yang mendukung proses bisnis.
3. perubahan kunci dari proses bisnis dengan menggunakan teknologi internet. (IBM)
-> E-Commerce =
1. Business model yang memungkinkan perusahaan ataupun individu melakukan kegiatan jual beli barang atau jasa melalui internet.
2. pertukaran informasi menggunakan media elektronik diantara organisasi dan pemegang saham eksternal.
2. E-Commerce Perspective
-> Komunikasi: penyampaian informasi, produk atau jasa atau pembayaran secara elektronik.
-> Proses Bisnis: penggunaan teknologi terhadap automatisasi transaksi bisnis dan alur kerja.
-> Service: memungkinkan pemotongan biaya dan meningkatkan kecepatan dan kualitas dari pengiriman jasa secara bersamaan
-> Online: pembelian dan penjualan produk dan informasi secara online.
3. Sell-side e-commerce
1. E-Commerce Transaksional
-> membeli produk online (situs retail, situs travel, online banking)
2. Service-oriented relationship building websites
-> menyediakan informasi untuk mendorong pembelian dan membangun hubungan
-> produk biasanya tidak available untuk pembelian online
3. Brand Building Sites
-> berfokus mendukung brand dengan mengembangkan online experience pada brand
4. Portal, publisher or media sites
-> memberikan informasi, berita atau entertainment mengenai sejumlah topik
4. Contoh e-commerce di Indo
-> retailer: bhinekka.com, erafone.com
-> marketplace: blibli.com, lazada.co.id, tokopedia.com, bukalapak.com
-> service: Go-Jek, GrabBike, Uber
5. Sustainable Business Phase
6. Business plan components
7. Challenge and Opportunity di Indo
-> infrastruktur yg buruk diluar kota besar
-> karakteristik market unik
-> potensi munculnya masyarakat kelas menengah
-> penggunaan mobile internet tinggi
-> penggunaan credit card rendah
8. Customer, Market and Competition
8.1. Cust Profile/Segmentation
Demografis: atribut fisik, usia, jenis kelamin, SES, dll
Geografis: posisi geologis, wilayah, kota, dll
Psikografis: ketertarikan, nilai, sikap, lifestyle, dll
Behavioural: kebiasaan dan kegiatan repetitif, pengetahuan, brand royalty, dll
8.2. Positioning Matrix
1) buat profil customer
2) ambil 2-3 parameter yg kritikal sebagai dimensi (sb x dan y)
3) mapping profile kedlm matrix
-> Customer Matrix
-> Competition Matrix
9. Product and Service Design
-> Design Stages
-> Design for Feasibility: research market/ customer, definisikan parameter produk.
-> Design for Evaluation: membuat desain lbh detail, prototyping, tes produk
-> Design for manufacture: adjust bila dibutuhkan sesuai dgn input/feedback/review yg ada. Sudah benar jika desain final memenuhi parameter awal, standar internal dan executive review.
-> Value? : benefit, keunikan, sesuatu yg membedakan dr kompetitor. Fungsi value: agar customer memilih pake produk kita dibanding yg lain
-> Product Life Cycle Management
1. Introduction: memperkenalkan produk ke pasar, menekankan promosi dan marketing ke market baru
Challenge:
-> pasar kecil/ tdk ada
-> cost tinggi
-> ssh mendpt keuntungan
Benefit:
-> kompetisi lbh sdikit
-> high price (dlm kasus trtentu)
2. Growth: mengembangkan produk, manage cost, increase profit
Challenge:
-> kompetisi mulai tinggi
-> harga rendah krn kompetisi
-> marketing approach berbeda-beda
Benefit:
-> cost yg dikeluarkan bisa dikurangi
-> customer awareness lbh tinggi
-> profit meningkat
3. Maturity: maintain market share
Challenge:
-> sales mencapai puncak
-> market share mengecil krn kompetisi
-> keuntungan lbh pelan didapatkan
Benefit:
-> continued reduction in cost
-> market share meningkat melalui diferensiasi
4. Decline:
Challenge:
-> market shifting: org pindah ke produk lain
-> sales dan profit menurun
-> product withdrawal
Benefit:
-> masuk ke market baru lebih murah
-> produksi lebih murah
bahan lainnya (semoga) di up nanti ^^"
0 comments:
Post a Comment