Monday, April 11, 2016

Kapita Selekta

KapitaSelekta

1. E-Business VS E-Commerce
    -> E-business =
         1. perusahaan yang mengadakan operasional atau bisnis sehari-hari menggunakan internet.
         2. pertukaran informasi menggunakan media elektronik didalam perusahaan dan pemegang saham eksternal yang mendukung proses bisnis.
         3. perubahan kunci dari proses bisnis dengan menggunakan teknologi internet. (IBM)

    -> E-Commerce =
         1. Business model yang memungkinkan perusahaan ataupun individu melakukan kegiatan jual beli barang atau jasa melalui internet.
         2. pertukaran informasi menggunakan media elektronik diantara organisasi dan pemegang saham eksternal.

2. E-Commerce Perspective
    -> Komunikasi: penyampaian informasi, produk atau jasa atau pembayaran secara elektronik.
    -> Proses Bisnis: penggunaan teknologi terhadap automatisasi transaksi bisnis dan alur kerja.
    -> Service: memungkinkan pemotongan biaya dan meningkatkan kecepatan dan kualitas dari pengiriman jasa secara bersamaan
    -> Online: pembelian dan penjualan produk dan informasi secara online.

3. Sell-side e-commerce
    1. E-Commerce Transaksional
        -> membeli produk online (situs retail, situs travel, online banking)
    2. Service-oriented relationship building websites
        -> menyediakan informasi untuk mendorong pembelian dan membangun hubungan
        -> produk biasanya tidak available untuk pembelian online
    3. Brand Building Sites
        -> berfokus mendukung brand dengan mengembangkan online experience pada brand
    4. Portal, publisher or media sites
        -> memberikan informasi, berita atau entertainment mengenai sejumlah topik

4. Contoh e-commerce di Indo
    -> retailer: bhinekka.com, erafone.com
    -> marketplace: blibli.com, lazada.co.id, tokopedia.com, bukalapak.com
    -> service: Go-Jek, GrabBike, Uber

5. Sustainable Business Phase

6. Business plan components


7. Challenge and Opportunity di Indo
    -> infrastruktur yg buruk diluar kota besar
    -> karakteristik market unik
    -> potensi munculnya masyarakat kelas menengah
    -> penggunaan mobile internet tinggi
    -> penggunaan credit card rendah

8. Customer, Market and Competition


8.1. Cust Profile/Segmentation
    Demografis: atribut fisik, usia, jenis kelamin, SES, dll
    Geografis: posisi geologis, wilayah, kota, dll
    Psikografis: ketertarikan, nilai, sikap, lifestyle, dll
    Behavioural: kebiasaan dan kegiatan repetitif, pengetahuan, brand royalty, dll

8.2. Positioning Matrix
      1) buat profil customer
      2) ambil 2-3 parameter yg kritikal sebagai dimensi (sb x dan y)
      3) mapping profile kedlm matrix

      -> Customer Matrix


      -> Competition Matrix


9. Product and Service Design
    -> Design Stages

    -> Design for Feasibility: research market/ customer, definisikan parameter produk.
    -> Design for Evaluation: membuat desain lbh detail, prototyping, tes produk
    -> Design for manufacture: adjust bila dibutuhkan sesuai dgn input/feedback/review yg ada. Sudah benar jika desain final memenuhi parameter awal, standar internal dan executive review.

    -> Value? : benefit, keunikan, sesuatu yg membedakan dr kompetitor. Fungsi value: agar customer memilih pake produk kita dibanding yg lain

    -> Product Life Cycle Management
1. Introduction: memperkenalkan produk ke pasar, menekankan promosi dan marketing ke market baru
    Challenge:
    -> pasar kecil/ tdk ada
    -> cost tinggi
    -> ssh mendpt keuntungan
    Benefit:
    -> kompetisi lbh sdikit
    -> high price (dlm kasus trtentu)

2. Growth: mengembangkan produk, manage cost, increase profit
    Challenge:
    -> kompetisi mulai tinggi
    -> harga rendah krn kompetisi
    -> marketing approach berbeda-beda
    Benefit:
    -> cost yg dikeluarkan bisa dikurangi
    -> customer awareness lbh tinggi
    -> profit meningkat

3. Maturity: maintain market share
    Challenge:
    -> sales mencapai puncak
    -> market share mengecil krn kompetisi
    -> keuntungan lbh pelan didapatkan
    Benefit:
    -> continued reduction in cost
    -> market share meningkat melalui diferensiasi

4. Decline: 
    Challenge:
    -> market shifting: org pindah ke produk lain
    -> sales dan profit menurun
    -> product withdrawal
    Benefit:
    -> masuk ke market baru lebih murah
    -> produksi lebih murah

bahan lainnya (semoga) di up nanti ^^"

0 comments: