Program terdiri dari 3 bagian:
- Code -> tdk prnh berubah
- Data -> bs bertambah/kurang
- Stack -> bs bertambah/kurang
Pemantauan Memori -> agar dpt dgn cepat tau dimana memori dapat digunakan
Menggunakan bitmap dan linked list
Bitmap -> 1 blok memori dipantau dgn 1 bit. 0 = kosong, 1 = berisi
-> ukuran tetap
-> lambat
Linked List -> simpul" yang terkait
Dalam sebuah LL min. ada 2 field: data dan next.
Dari cth diatas, Linked List nya:
P 0 3 -> program dari 0 - 3 (offset 3)
H 3 2 -> Hole dari 3 offset 2
dst.
Contoh Soal!
Diket memori 1 GB
1 blok memori = 1KB
Besar memori yang dihabiskan utk pemantauan dgn bitmap?
Virtual Memory dan Physical Memory
Bila program memerlukan memori yang lebih besar dari besar physical memory yang tersedia, maka digunakan VIRTUAL MEMORY.
Virtual Memory -> menentukan seberapa bsr program yang dapat dieksekusi oleh CPU.
cth: program counter
bila PC hanya ada 2 bit maka hanya dapat mengeksekusi 2^2 program, yaitu dari 00 - 11.
Contoh soal:
Berdasarkan tabel diatas, Hitung physical address bila virtual address nya:
a) 2000
b) 5000
c) 10000
d) 35000
JAWABAN LATIHAN
a) First fit
90 417 212
10 83 88 (offset)
b) Next Fit
417 212 90
100
83 88 510
c) Best Fit
90 417 212
10 83 88
d) Worst Fit
(gw blm tau jwbnnya, nnti diupdate yaa)
Pemantauan bitmap
1 GB/ 1KB = 2^20 blok memori
2^20 bit = 2^20/2^3 byte = 2^17 byte
2^17 byte = 128 KB :)
Menghitung physical address
a) 10192
b) 5000
c) 26384
d) Page Fault
3 comments:
P 0 3 -> program dari 0 - 3 (offset 3)
Mungkin seharusnya ditulis "program dari 0-2"
oh iyaa haha thanks perbaikannya :)
terima ksih ifo nya :)
My blog
Post a Comment