Monday, June 06, 2016

Jaringan Komputer - Wired dan Wireless

Wired:
1. Thick Ethernet
2. Thin Ethernet

1. Thick Ethernet

PC terkoneksi dengan kabel backbone melalui vampire

2. Thin Ethernet
PC terkoneksi langsung dengan kabel backbone
Jika terjadi collision pada saat pengiriman data, maka akan terdeteksi dengan melihat watt listriknya.

Wireless
    -> pake frekuensi yang sama
    -> ga bisa detect collision 

Algoritma yang mengatur wired dan wireless agar koneksi dapat berjalan dengan lancar:
- Wired: CSMA / CD -> Collision Detection
- Wireless: CSMA / CA -> Collision Avoidance

Wired: Collision Detection
Case #1 : sebelum mengirim data di sense dulu, jika free maka data langsung dikirim

Case #2 : jika saat sense jalur sedang dipakai (busy), maka ia akan generate timer secara otomatis. Selama menunggu timer, sense tidak dijalankan.

Case #3: saat ada 2 PC sense bahwa jalur free dan sama" mengirim data dan terjadi collision, maka masing" akan generate timer berbeda dan timer yang lebih cepat akan mengirim data terlebih dahulu, sedangkan yang lainnya sense jalur busy dan pasang timer kembali.

Wireless
Case #1: dia akan sense terus-menerus, jika sense free maka dia akan generate timer untuk memastikan bahwa sense selanjutnya tetap free. Jika ya maka data dikirim

Case #2: jika ternyata sense busy, maka ia akan terus sense dan ketika sense berubah menjadi free, maka ia akan generate timer seperti pada case #1.
Case #3: jika ada 2 PC sama" sense free, maka 2 PC tersebut generate timer yang berbeda agar nantinya ada yang sense free dan ada yang sense busy (tidak terjadi collision).

Sekian materi wired dan wireless :)

0 comments: