2. Transparency selayaknya dilakukan dengan hal-hal berikut:
1. mempublikasikan produk kerja ke stakeholder
2. sharing informasi ke anggota pelaksana proyek
3. mengacu pada pedoman/petunjuk buku
3. Menjalin relsi dengan manajemen puncak organisasi dalam pelaksanaan proyek sangatlah dianjurkan melalui hal-hal berikut:
1. menjelaskan tentang potensi proyek kepada manajemen puncak, baik dari sisi profit / loss
2. mendorong manajemen puncak mengambil keputusan dari sisi obyektif
3. membantu manajemen puncak menerjemahkan keputusan di tingkat implementatif
4. Hal-hal yang selayaknya dilakukan manager proyek dalam memimpin bawahannya:
1. bersedia menerima kritik dr bawahan
2. transparan & obyektif dalam mengambil keputusan
3. mengembangkan rencana kerja bersama bawahan
5. Penyebab kegagalam proyek piranti lunak outsourced:
1. client "lepas tangan" dan tdk terlalu percaya pada vendor
2. tidak terjalin komunikasi aktif antara client & vendor dlm pelaksanaan proyek
3. vendor tdk bersikap terbuka terhadap client
6. Dalam pelaksanaan proyek piranti lunak, client selayaknya berkolaborasi sedini mungkin dengan vendor agar dapat: menyamakan sasaran & tolok ukur sukses proyek (?)
7. perbedaan antara proyek piranti lunak in-house & outsource terletak pada hal-hal berikut: (?)
1. biaya pengembangan piranti lunak
2. mutu piranti lunak yang dihasilkan
3. mekanisme komunikasi selama pengerjaan proyek
8. software process improvement berkaitan erat dengan hal" berikut:
1. perubahan mekanisme pengembangan piranti lunak ke arah yang lebih baik
2. penerapan metode formal baik secara konseptual maupun implementatif
3. penelusuran & pemantauan implementasi metode formal secara konsisten
9. SPI dapat dilakukan melalui penerapan proses/metodologi yang tepat, seperti: Capability Maturity Model (?)
10.DMAIC adalah pendekatan pada framework six sigma melalui tahap-tahap berikut:
1. define opportunities
2. measure performance
3. analyze opportunity
4. improve performance
5. control performance
11. Jelaskan maksud dr istilah dalam manajemen proyek berikut ini dan hubunagnnya:
1. responsibility: seseorang responsible thd suatu tgs jika dia memiliki otoritas untuk melakukan task tersebut dan accountable thd penyelesaian task tsb
2. authority: jika seseorang memiliki kontrol yang cukup thd resources yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tgs tsb
3. accountability: jika seseorang menerima konsekuensi secara profesional jika sebuh task mengalami failure dalam menjalani task tersebut
4. delegation: memberikan responsibility dr task" tertentu kepada tiap team member. manager harus memastikan seseorang memiliki otoritas yang cukup utk melakukannya dan accountable thd hasil task sblm di delegate.
12. Skema outsourced project secara singkat:
1. prevent project failure: dgn cara mengkomunikasikan project goals scr berkala kpd vendor, membangun transparansi proyek, tidak melepas tugas seluruhnya pd vendor. langkah awal: collaborate with the vendor: tentukan scope & budget, satukan pemikiran project goals & success dengan vendor
2. estimate the work secara realistis
3. actively manage the project: know the team, don't be a hands-off client
4. Build relationship with vendor's management & with the vendor team
5. Maintain tracking & oversight: jangan berpegang pd vendor untuk tracking project plan & project schedule.
0 comments:
Post a Comment